Petualangan Jawa Timur : Makam Bung Karno di Blitar

22:54 Keluarga JagoAN 0 Comments


Hari ke Empat, Petualangan Jawa Timur


Selain mengunjungi Masjid Agung Kota Blitar dan Kab. Blitar, destinasi seru lain di hari ke empat ini adalah Makam dan Museum Bung Karno di Kota Blitar. 



Awalnya tidak ada rencana kesana, namun atas rekomendasi salah seorang sahabat, kami pun meluncur ke Makam Bung Karno ini. Terlebih karena posisinya yang tidak jauh dari alun-alun Kota Blitar. Lumayan buat anak-anak bisa dapat bonus, sedikit pengalaman belajar sejarah bangsa. 




Untuk berkunjung ke Makam Bung Karno ini, kita tidak dapat memarkirkan kendaraan langsung di lokasi tersebut. Pemda telah menyiapkan satu area parkir yang tidak terlalu jauh dari Makam. Tapi… tidak juga dekat lho, untuk kesana kami memutuskan menggunakan jasa abang becak yang sudah terorganisir dengan rapi. Kita ga perlu tawar menawar lagi. Ketika akan naik kita sudah disodorkan sebuah kartu yang memuat daftar tujuan berikut tarifnya. Untuk ke Makam saja kita dikenakan tarif p/p Rp 25.000/becak. Di dalam lokasi makam kita akan diminta mengisi buku tamu dan dikenakan biaya tiket Rp 3.000/orang. 






Kami tidak terlalu lama di Makam Bung Karno ini, setelah berkeliling sepintasan saja, kami pun keluar dari area makam dan langsung disambut oleh deretan kios penjual oleh-oleh khas Blitar. 

Dari beberapa jenis yang oleh-oleh khas Blitar yang ada, hanya 3 oleh-oleh yang paling recommended dan pas dilidah kami. Pertama, Wajik Klethik terutama yang dibungkus klobot jagung. Kedua Geti, mirip tengteng kacang. Ketiga Madu Mongso, mirip dodol tapi dari tape ketan. Ke empat Gula Merah Batok, ini karena Blitar termasuk salah satu sentra gula merah. Harganya disini cuma 15.000/kg, kalo bukan didaerah wisata mungkin bisa lebih murah lagi. 

Di kota berikutnya yaitu Tulungagung kami pun sempat berkunjung ke Masjid Agung Tulungagung. 
Masjid Agung Tulungagung

Dari Tulungagung, perjalanan kami lanjutkan ke Kota Kediri. Di kota inilah kami bermalam di hari itu. Hotel Lotus Garden menjadi tempat kami melepas lelah, beristirahat setelah melalui hari yang terik di Kota Blitar dan sekitarnya. 

Sampai jumpa di petualangan hari terakhir kami di Jawa Timur, yang semuanya kami tulis DISINI.



You Might Also Like

0 comments: