Bayi Demam Boleh Pakai Kaos Kaki

19:12 Keluarga JagoAN 0 Comments


*Catatan Bunda Jagoan


Memang ada ya yang bilang bayi demam tidak boleh pakai kaos kaki?

Iya memang dari beberapa artikel kesehatan yang pernah saya baca, untuk menurunkan suhu permukaan tubuh kita justru sebaiknya tidak memakai pakaian tebal, selimut tebal, dsb. Ini bertentangan sekali dengan yang umum diketahui. Seringkali kalau ada yang demam justru diselimuti, salah satu alasannya biar keringatan. Padahal dengan diselimuti justru panas tubuh tidak akan bisa keluar. 

Terkadang anak tampak menggigil bila demam, atau tangan dan kakinya menjadi dingin. Nah, kalau kondisi seperti ini malah boleh dipakaikan selimut dan sarung tangan serta kaos kaki. Karena kondisi menggigil ini berarti suhu badan masih akan naik. Akan tetapi setelah menggigilnya hilang atau tangan dan kaki sudah tidak dingin lagi, segera lepaskan semua penutup tadi. Longgarkan semua pakaian dan mulailah mengompres.

Tetiba ingin menulis ini, karena dede Razzan lagi demam sejak 2 hari lalu. Demam pertamanya yang sampai mengharuskan saya memberinya parasetamol. Umur Razzan sudah 8,5 bulan, dan ini obat pertama nya sejak keluar RS pasca kelahiran. Sedikit pembuktian bahwa anak ASI memang kuat secara fisik. 


Razzan sedang dikompres

Balik lagi masalah demam, sebenarnya ada lagi tips lain bagaimana menangani bayi atau anak yang sedang demam. Saya merangkumnya dalam 5 poin berikut ini :
  1. Jika anak demam, usahakan untuk minum sebanyak mungkin. Bisa air putih, susu, jus, teh, kuah sayur, dsb. 
  2. Gunakan pakaian longgar dan jangan berselimut tebal, seperti tulisan saya diawal. 
  3. Kompres anak dengan air hangat atau air suhu ruang, bukan air es. Air es membuat pembuluh darah di permukaan kulit menutup, sehingga panas sulit keluar dari tubuh. Mau beli kompres instan seperti yang dipakai Razzan juga sekarang sudah banyak di minimarket maupun apotik.
  4. Ukur teratur suhu tubuh anak dengan termometer, wajib punya ya, murah koq bisa cek DISINI. Jika sudah lebih dari 38 derajat dan mulai rewel beri parasetamol, kalau sudah diberi obat tidak turun juga, segera ke dokter. 
  5. Sebagai alternatif, bisa sesekali dipijat dan dibalur dengan bawang merah. Sebaiknya dicampur dengan baby oil ketimbang dengan minyak telon, karena mudah membuat iritasi pada kulit. 
Nah sudah jelas ya, yang penting ga boleh panik dan banyak cari info tentang gejala apa saja yang muncul bersamaan dengan demam, karena demam sendiri sejatinya hanya gejala bahwa ada sesuatu yang tidak oke dalam tubuh. Demam adalah bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi atau penyakit lainnya. Jangan lupa juga berdoa semoga si kecil dapat melewatinya. Aamiin.

You Might Also Like

0 comments: