Qurban online di Indonesia dengan Superqurban Rumah Zakat

05:15 Keluarga JagoAN 0 Comments

Sejak kami berumahtangga, saya dan suami berkomitmen untuk selalu berusaha agar dapat berqurban pada setiap tahunnya. Tak selalu mudah, beberapa kali kami pun pernah harus "memaksa diri" jika melihat kondisi keuangan keluarga. Penguat kami hanya ingatan akan keutamaan berqurban berikut kisah-kisah pequrban istimewa yang ikhlas berqurban meski hidup dalam kekurangan. Oleh karena itu kami berdua pun sepakat pada prinsip bahwa selama masih ada harta ditangan yang dapat dijual berarti kami harus sangat malu jika tidak berqurban. Karena berqurban itu ya berkorban...

Setiap tahunnya kami pun sepakat membagi dua qurban yang kami beli. Satu untuk masyarakat sekitar tempat tinggal, dan satu untuk masyarakat yang lebih membutuhkan, yang tinggal jauh dari tempat tinggal kami. Untuk pilihan berqurban bukan di sekitar tempat tinggal ini sebenarnya ada pendapat yang tidak membolehkan, dengan alasan mereka yang lebih dekat adalah yang lebih berhak. Tapi banyak pendapat ulama lain yang membolehkan terlebih melihat kondisi saat ini, dimana jauh lebih bermanfaat jika qurban dapat disalurkan ke tempat-tempat yang lebih membutuhkan dimana kemiskinan, kelaparan atau bencana lainnya sedang terjadi di tempat tersebut.

Jadi tahun ini sebagaimana keyakinan itu, kami kembali memilih membeli hewan kurban secara online kepada lembaga yang telah dikenal memiliki kredibilitas baik dalam penyaluran zakat, infaq dan shadaqah. Tahun ini giliran Rumah Zakat (RZ) yang kami pilih. Rumah Zakat memiliki produk Superqurban, dimana disini daging kurban diolah dan dikemas menjadi kornet sebelum dibagikan kepada yang berhak. Beberapa kali saya melihat spanduk iklan Superqurban di jalan raya, saya tertarik dengan kemanfaatan yang akan dibagi melalui daging qurban yang diberikan dalam bentuk kornet. Kornet-kornet ini nantinya dibagikan sepanjang tahun kepada yang membutuhkan, ke lokasi-lokasi yang tepat untuk menerima pula. Distribusinya bisa hingga ke pelosok-pelosok daerah.

Alhasil googling-lah saya dengan keyword "Superqurban", dan yang teratas bukan web Superqurban sendiri, tetapi justru Bhinneka.com. Ternyata RZ bekerjasama pula dengan Bhinneka.com. Dengan iklan berbayar tak heran Bhinneka ada diurutan teratas. Saya buka web Superqurban justru malah bingung cara pemesanannya bagaimana. Ya sudah via bhinneka.com juga ga masalah. Tinggal klik dan klik, dalam hitungan menit, transaksi saya di Bhinneka.com berhasil, semua hanya melalui telepon genggam saya. Saya order persis di hari raya, karena memang sudah niat qurban via online dan merasa masih ada hari tasyriq untuk pelaksanaannya. Setelah order selesai beberapa saat kemudian sms dan email masuk dari RZ mengkonfirmasi kalau order qurban kami sudah diterima.

Tidak sampai disitu esok harinya di jam kerja saya ditelepon pula dari pihak RZ, yang memastikan kembali nama pequrban dan alamat kirim untuk kornet yang menjadi hak kami. Iya, dengan kami berqurban melalui superqurban kami berhak memperoleh 6 kaleng kornet Superqurban, yang merupakan kornet hasil qurban tahun sebelumnya, dengan masa kadaluarsa 3 tahun.. Hal tersebut lebih dikarenakan anjuran bagi pequrban untuk ikut memakan daging hewan qurbannya. Bahkan ada sebagian ulama menyatakan pequrban wajib makan bagian hewan qurbannya dengan dalil :


“Makanlah darinya dan berikan kepada orang yang sangat membutuhkan.” (Qs. Al-Haj: 28)

Tim Superqurban RZ memproses penyembelihan hewan qurban selama 4 hari, sejak hari raya Idul Adha hingga hari tasyrik ketiga. Dari web-nya saya baca terdapat 3500 ekor kambing dan 1300 ekor sapi terkumpul untuk disembelih dalam Idul Adha tahun ini. MasyaAllah, semoga keberkahan untuk setiap pihak yang terlibat. Aamiin :)

Dengan Superqurban, ibadah qurban kini menjadi semakin mudah dan InsyaAllah semakin mengoptimalkan kemanfaatan daging qurban. Pelayanan Superqurban kepada pequrban juga terlihat rapih dan profesional. H+1 setelah order dilakukan ternyata kornet sudah kami terima dirumah. Sebagai  orang yang juga melakukan bisnis online, saya paham betul tidak mudah menjalankan usaha secara online agar tertata rapi seperti yang dilakukan Superqurban.

Mau lihat seperti apa kornet superqurban ini? Simak foto-foto berikut ya :)



*Tulisan ini tidak berbayar, semata hendak berbagi manfaat, agar lebih banyak lagi yang tergugah untuk berqurban :)

You Might Also Like

0 comments: